Senin, 24 Oktober 2011

TONEWOOD

TONEWOOD


TONEWOOD
Masih inget sama foto di atas?foto itu pernah gw posting di halaman awal tumblr gw.Itu adalah tabel tentang Tonewood.Apaan tuh tonewood?
Tonewood adalah kayu,yg biasa,dapat,bisa,bgs,baik untuk dijadikan bahan dasar material membuat alat musik, umum nya dipake untuk gitar, bass, drum. Mungkin msh banyak alat musik yg pake kayu -kayu ini, tp gw jg gk tau sih :D.
apa aja sih tonewood?kalo dari tabel diatas sih ada alder,mahogany,maple,basswood,rosewood,ebony dan sisanya liat sendiri di tabel ya hehe.
tapi kali ini gw cuma bakal bahas  kayu yg gitarnya kebetulan pernah gw coba dan pake.Gw cuma bakal bahas tentang Alder,mahogany,basswood,ash,maple (hard,soft),dan satu kayu yg bukan tonewood tapi sering dpake jd bahan material gitar,yaitu agathis.
AlderKayu yg paling sering dpake jd bahan material gitar,bisa dblg kayu yg paling populer.warnanya putih agak kemerahan,tapi msh lebih merah mahogani,seratnya relatif kecil dan tipis,karakter suaranya lebih "crunchy",bobotnya 'sedang'. Fender USA banyak diproduksi pake kayu ini. 

gambar yg paling mewakili:

image
MahoganyMahogany atau biasa jg dsebut mahoni.Kebetulan Pohon mahoni ada banyak di negara Indonesia,jd gampang dtemuinnya pohon mahoni kalo dsini. Warnanya merah,seratnya gak beraturan,acak-acakan seratnya ,seratnya gede,jd lebih gampang nangkep resonansi jd sustainnya cenderung lebih panjang.Kebetulan gitar gw pake kayu ini, yg berasa frekuensi bass di gitar yg  pake kayu ini kerasa bgt, beban dari kayu ini lumayan agak berat. Gibson banyak memakai kayu ini pada produknya. 
Gambar yg paling mewakili :

image
BasswoodKarakter suaranya lumayan ringan,karakter suaranya lebih balance,hampir sama kaya alder,tapi bobotnya ringan.warna nya putih,seratnya agak gak keliatan kalo kata gw. Lumayan banyak jg produsen gitar pake kayu ini, Ibanez, Cort, Musicman Steve lukather, Musicman JP
Gambar yg paling mewakili :

image
Ashwarnanya putih,seratnya agak besar,karakter suaranya lebih punchy,lebih ke treble,bobotnya berat. Beberapa produk Fender jg pake kayu ini.
Gambar yg paling mewakili :

image
Maple (hard maple)Sekilas seratnya mirip Ash,tapi lebih bergelombang,kayu nya keras,bobotnya berat,karakternya lebih ke treble,makanya cocok bgt dgabung sama body dari mahogany (karena biasanya maple dpake untuk neck,atau pelapis atas body).
Gambar yg paling mewakili :

image
Soft mapleHampir sama kaya Hard maple tapi kayunya lebih lunak dan warnanya lebih pucat.
Gambar yg paling mewakili :

image
AgathisGw gk bilang kayu ini jelek untuk sound gitar karna sound gitar faktornya banyak bgt, tp gw pernah coba beberapa merk gitar yg pake gitar ini, ya kurang berkarakter, tp biasanya gitar2 yg pake kayu ini harganya cukup murah, jd ya msh ada kelebihannya yg bisa jd pertimbangan 
Gambar yg paling mewakili :

image
gw rasa cukup sedikit bahasan tentang kayu,lama-lama gw berasa cocok jd tukang kayu :))
Sekali lg, kayu bukan satu-satunya faktor yg pengaruh dari sound yg keluar, masih ada ampli, cabinet, pickup, efek jg mungkin, yg lebih penting jari yg main gitarnya :D tp bisa jd bahan pertimbangan buat temen-temen yang mau beli gitar, ato yg mau ganti pickup untuk milih pickup apa sih yg cocok buat gitar kayu A, ato kayu B.
semoga bermanfaat tulisan gw yg sdkt penting ini.
sampai jumpa di tulisan berikutnya,mungkin sdkt penting atau mungkin gak penting sama sekali hahaha.
cheers!
Sumber : banyak,kebanyakan malahan
Fatchur Bullseye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar