Senin, 24 Oktober 2011

GITAR ASLI ATAU GITAR CUSTOM?

GITAR ASLI ATAU GITAR CUSTOM?

Akhirnya gw nulis yg sdkt penting lg hahaha,soalnya dari beberapa postingan gw sebelumnya isinya bullseye terus,ampe bosen gw jg posting nya :D
Kali ini gw cuma bakal nulis sedikit tentang gitar,tentang pendapat org,dan pendapat gw sendiri tentang gitar asli,atau gitar custom.gitar asli sendiri adalah gitar buatan asli pabrik,mau made in US,jepang,korea,china,ataupun Indosia,kalau itu buatan pabrik ya tetep dbilang asli.Apa itu gitar custom?kalo menurut gw sendiri sih gitar custom itu gitar yg dbuat sendiri,handmade,gitar bukan buatan pabrik,tapi gak bisa dblg PALSU loh ya,kecuali lu pakein merk ‘fender’,’ibanez’, atau merk apapun lah di gitar custom lu,baru tuh bisa kita blg PALSU!ABAL-ABAL!SAMPAH!hahahaha nafsu parah kayanya gw ngetiknya.
Balik lg ke judul tulisan gw ,”gitar asli atau palsu?”.
menurut lu gmna tuh?ada banyak org yg blg mending beli gitar asli aja biar terjamin kualitasnya,daripd gitar custom yg bikinan tangan yg kualitasnya blm terjamin.Ada jg yg blg mending beli gitar custom dengan part yg bagus dan gitarnya bisa sesuai dengan keinginan kita.gak ada yg salah sih sebenernya hehe.
tapi kalo menurut gw,jawabanya TERGANTUNG.
tergantung apa?kalo lu beli yg asli,tergantung made in mana itu gitar,tergantung merknya apa itu gitar,kalo lu beli gitar merk car*ya,Pr*nce,squire made in Indonesia/china,sama aja boong,itu gitar pasti jelek.Gitar dengan merk-merk diatas gitar dengan part yg gak memadai,dengan material kayu Agathis alias kayu damar,gitar asli pabrik yg menurut gw gak pantes dbeli,menurut gw loh ya hehe.Tapi kalo kita bikin di luthier (pembuat instrumen gitar/bass),tapi luthier nya gak kompeten,gak mikirin kualitas,buatnya asal-asalan,tetep gak pantes untuk dpake jg kan gitar buatannya?hehe


Gw pribadi sampe sekarang cuma punya 1 gitar,dan gitar itu bkn gitar asli pabrikan.Yap, gitar gw gitar custom dengan budget terbatas.Rata-rata org milih buat custom gitar emg karena budget yg terbatas,gak usah munafik deh pasti org mau beli gitar mentoknya sama duit.Tapi sebenernya,kalo kita emg mau custom gitar,mending kita ngerti dulu tentang karakteristik material kayunya,skala,konstruksi gitarnya,part-part gitarnya yg bgs apa,mending kita harus bener-bener ngerti tentang gitar,biar kita enak customnya karena kita ngerti apa yg cocok dan bgs buat kita.

Tapi alesan pribadi gw sih knp milih gitar custom ya pertama karena emg budget,dengan budget yg gw punya waktu itu cuma bisa beli gitar asli pabrik yg kualitasnya rendah,jd gw mutusin buat custom dsalah satu luthier di Indonesia dengan part yg gw mau,dengan model yg gw mau,dengan kualitas yg bisa gw blg lumayan lah,gak pernah blg gitar gw bgs soalnya,karena emg kurang bgs hahaha.Dulu gw pengen punya gitar fender telecaster,tapi karena telecaster rata-rata material kayunya itu alder bkn mahogany jd gw custom,itu jg alesan gw knp milih gitar custom,karena gw pengen punya gitar model fender telecaster dgn body materialnya itu kayu mahogani.Ada sih fender Tele yg mahogani,tapi signature seriesnya Jim root (gitaris slipknot),dan harganya pasti gak murah kan hahahaa,kembali terbentur dgn dana :)
Jd kalo menurut gw,gitar asli atau custom itu sama aja asal gitar itu kualitasnya bgs,gitar itu karakternya cocok dgn kita,gitar itu playabilitynya cocok sama tangan kita,gitar itu modelnya kita suka.Urusan merk sih gak usah diambil pusing,buat apa bermerk tapi kualitas gitarnya cuma bgs buat djadiin kayu bakar?hehe (merk yg gw sebutin diatas itu loh)

Cukup gw rasa tulisan gw tentang gitar asli atau gitar custom yg sdkt penting,cuma mau share aja dengan apa yg gw tau bkn bermaksud sok tau,soalnya semua tulisan gw ya semua menurut gw,pendapat gw,blm tentu sama pendapatnya sama musisi yg profesional dan jago di luar sana .thank you cheers!

1 komentar: