Senin, 24 Oktober 2011

FRET BUZZ

belakangan ini gw agak stress sama gitar gw yg kena penyakit yg bernama “Fret buzz” yg kaya bangke ini.
apa sih fret buzz?kalo dalam bahasa gw sih Fret buzz itu suatu keadaan dmana pd saat kita mencet salah satu nada di fret gitar,tapi bunyi nya gak keluar,kaya senarnya nyenggol sesuatu,jd ngebuzz suara senarnya.Gitu deuh pokonya mah,gw jg agak bingung ngasih penjelasannya hahhaa.

nih gw kutip dari salah satu situs tentang fret apa itu fret buzz
Fret Out or String Buzz - This happens when a string comes in contact with a fret and a buzzing sound occurs. This is the most frequent cause of annoying buzzes.
Ngerti kg pake bhs inggris?hahhaa nanti gw translate ke bhs sunda deh kalo gak ngerti :p :peace
Apa sih penyebab gitar bisa fret buzz?
kalo pertanyaan gitu,jawabannya gak bisa 1,soalnya penyebab fret buzz itu gak cuma karena 1 faktor,ada beberapa faktor :

1. Fret yg udah haus,udah ke kikis lah istilahnya,jd senar yg dpencet di fret itu nyenggol fret depannya karna fret itu udah tipis.

2. jarak fret sama senar terlalu deket

3. neck tempat fretboard nempel gak rata pengamplasannya

4. fretboard nya gak rata pengamplasannya

5. neck bengkok

cara penanganannya :

1. setting ketinggian senar dari bridge

2. refret alias ganti semua fretnya

3. setting ketinggian PU pd senar,biasanya jarak PU (pick up) sama senar itu 0.25”

4.  setting truss rod,truss rod itu besi yg ada di dlm neck,buat dsetting kalo kalo neck bengkok.kaya gini  nih

Tapi urusan truss rod sebenernya jgn dcoba buat puter sendiri sih,soalnya tktnya malah makin parah necknya,blm lg kalo truss rod nya yg kenapa2 gara2 dputer secara asal,udah deh neck gitar lu bengkok selamanya,tinggal buang aja itu neck hahahaa.

tapi kmaren gw sempet sih nyoba-nyoba muter truss rod sendiri,tapi dampaknya kurang berasa,msh kerasa buzz sedikit,emg harus dbawa ke bengkel gitar urusan begini sih.

kayanya cukup segitu deh tulisan gw kali ini yg lumayan penting :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar