Minggu, 15 April 2012

TIPS MEMBELI GITAR ELEKTRIK

kali ini gw mau sedikit share gmana sih cara memilih gitar listrik yg tepat buat kita,tapi kalo ini pendapat pribadi gw ya,sepengalaman gw aja :D
Mungkin masih ada yg suka bingung malah sampe galau kalo mau beli gitar,mau beli yg kaya gmana?mau beli merk apa?mau beli yg di pake gitaris siapa? tapi sebenernya 3 pertanyaan diatas tuh sedikit tdk penting, nih beberapa tips membeli gitar listrik atau apa aja sih yg harus dpikirin kalo mau beli gitar biar nanti2 gk nyesel.

1. Budget








menurut gw ini udah paling penting kalo mau beli gitar,berapa budget lu?mungkin buat org-org kaya yg tinggal minta uang ke org tua sih gampang beli gitar, budget mungkin gk dipikirin, tapi untuk orang yg mungkin cuma punya budget pas-pasan ngumpulin uang sedikit -sedikit  harus dipikirin bgt mslh budget. Contoh,kalo budget lu kisaran 2jt - 3,5 jt.mungkin bisa cari gitar 2nd merk ep*phone yg made in Indonesia ato cina, artr*ck, sam*ck, iban*z Indonesia, ato gitar buatan lokal yg berkualitas kaya "radix".Kalo budget lebih dari segitu banyak deh pilihannya, jgn pusing :D

2. Playability 












nah yg kedua itu playability,nyaman gk sih gitar yg mau lu beli?lu ngerasa enak gk mainin nya?yg pasti biar tau enak ato enggaknya kan emg harus dicoba gitarnya,lu coba mainin chord-chord simple,ato coba mainin lick lick,karna tau suatu gitar itu nyaman ato enggak ya dari tangan lu sendiri,jgn terlalu percaya kata org yg blg gitar merk "A" enak,gitar merk "B" gk enak dimaininnya,soalnya tangan lu smaa tangan dia aja udah jelas beda,jadi coba lah calon gitar lu sebelum dibeli :D


3. Tone
















Hal ketiga yg harus dperhatiin sebelum membeli gitar itu "suara".gmana sih karakter suara gitar yg lu mau?apa lu lebih suka karakter gitar yg twangky ala fender,apa lebih suka gitar2 yg bisa diajak main metal2an.Semua tergantung karakter dari kayu gitar dan Pickupnyua dan hal ini jg harus dicoba pake kuping lu sendiri,gk bisa pake kuping org lain,dan gitar nya pun ditest secara natural,maksudnya natural gitar nya ditest di ampli yg channel clean,jgn dksh overdrive ato distorsi,knp?soalnya kalo udah kena efek distorsi kan udah bisa gk "jujur" lg tone yg dihasilkan si gitar :D jd kalo mau nentuin karakter dari gitar jgn pake efek ya masbro :)

4. Kerapihan












Kerapihan,hal yg penting yg terakhir yg harus diperhatiin,kan gk asik jg dapet gitar dgn harga yg pas sama budget,gitarnya udah cocok di tangan dan di kuping,eh ternyata body nya ada coaknya gitu,kan malesin jg ,tetep lah kerapihan gitarnya harus dperhatiin dari ujung ke ujung,biar sempurna di hati gitar yg lu beli,minimal di hati lu sendiri deh walaupun di hati org blm tentu sempurna hahhaa :D

5. Model body & merk




nah yg terakhir nih,kalo ini mslh selera bgt,apa lu suka model body les paul kah,SG kah,stratocaster kah,telecaster kah.Dan urusan merk jg kalo gw pribadi gk mikirin bgt,mau itu Fender,Gibson,Ibanez,PRS,ato merk apa aja lah.Kalo gw pribadi lebih mentingin 4 poin sebelum nya yg gw bahas diatas :D

gw rasa cukup lah share tentang tips membeli gitar,semoga sedikit ngebantu tulisan gw ini deh ya
thank you buat yg udah baca :D
cheers!

11 komentar:

  1. tur kok gitar g ada yg pake garansian?gitar gillmore gw suaranya agak gitu,kurang puas gw sebenarnya

    BalasHapus
  2. waduh,gw pribadi blm pernah beli gitar di toko hhahha.mungkin harus nya sih ada ya za kalo di toko.kurang gmana nih?kurang puas coba di ganti PU nya aja za.emg gilmore seri apa?

    BalasHapus
  3. gilmore gw seri GG10,tampilannya kayak gitar piyu padi, lumayan keren sih. tapi suaranya kaya sember gitu, fretnya terlalu tinggi kyanya, jadi getaran senar nyentuh fret di neck.kata tokonya ga ada garansi kalo beli gitar, dimanapun

    BalasHapus
  4. oh kalo fret buzz sih gampang za,bawa aja ke toko musik minta setting neck sama intonasi,kalo harus refret kan lebih mahal dan lebih ribet lg.gw kira suaranya aneh tuh karna kayu & pickup :D .keren tuh model nya zakk wylde

    BalasHapus
  5. oh iya tur gitu.oh fret buzz ya namanya.hahahahahaha.kapan2 ajarin mainin efek tur.sukur2 gw belajar privat.hahaha.thx tur ilmunya

    BalasHapus
  6. boleh za boleh,main2 lah krmh ato ke studio kalo gw lg ada latian.dtg aja,kita share brg2 :D

    BalasHapus
  7. coba buka www.facebook.com/AlfianGuitar .... disono jual gitar custom bergaransi bro .... setaon .... kl ga puas ,silahkan balikin .....

    BalasHapus
  8. Gan, pengen tanya nih...
    Ane pengen beli gitar rockwell, kira2 bagus g' kualitas'a ?
    Cos dilihat dari harganya relatif murah, jadi ragu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gn liat gitar dari harganya.kalo lu ngerasa gitarnya cocok sama tangan,cocok sama kuping,cocok sama uang,cocok sama hati,sikat aja bro :D

      Hapus
  9. jgn liat gitar dari harganya.kalo lu ngerasa gitarnya cocok sama tangan,cocok sama kuping,cocok sama uang,cocok sama hati,sikat aja bro :D

    BalasHapus